Senin, 19 November 2012

TEKNOLOGI INFORMASI MENURUT HAGG DKK(2000)


1.      JELASKAN MENURUT HAGG DKK(2000) TEKNOLOGI INFORMASI MENJADI 6 KELOMPOK :

            1. Teknologi masukan (input) : Perangkat yang digunakan untuk memasukkan  data / informasi dari sumber asalnya. Contohnya : keyboard, mouse, joy stick, microphone, touch screen, barcode scanner (teknologi masukan  yang  biasa  digunakan pada pasar swalayan untuk memasukan data penjualan),  scanner dan yang lainnya.

            2. Teknologi keluaran (output) : Perangkat yang digunakan untuk menampilkan   atau     menghasilkan keluaran / output. Contohnya : Printer, layar/monitor, infokus,         speaker, dan yang lainnya.

            3. Teknologi perangkat lunak (software) : Suatu program yang berisi kumpulan   instruksi untuk melakukan proses pengolahan data dan penghubung antara        user/pengguna dengan kompuer / mesin. Contohnya : Sistem operasi, aplikasi           program, bahasa pemrograman dan program utility/bantu.

            4. Teknologi penyimpan (storage) : Perangkat yang digunakan untuk  menyimpan            data. Contohnya : Hard disk, kaset, cd, dvd, dsiket dan lainnya.

            5. Teknologi telekomunikasi (telecomunication) : Teknologi yang memungkinkan            hubungan jarak jauh. Internet dan ATM merupakan contoh teknologi yang   memanfaatkan teknologi telekomunikasi.

            6. Teknologi pemroses (process) : Bagian penting dalam     teknologi informasi yang        berfungsi untuk mengingat data / program berupa komponen memori dan      mengeksekusi program berupa komponen CPU. Contohnya : processor            (Intel,AMD), cache, register, ram dan rom.

2.      APAKAH BENAR BAWAH PENGOLAHAN DATA TIDAK HARUS MENGGUNAKAN KOMPUTER? JELASKAN !

Ya pengolahan data tidak harus menggunakan komputer. Hal ini dikarenakan alat pengolahan data di bagi menjadi 4 kelompok :

            - Sistem manual. Sistem pertama adalah manual sistem ini hanya terdiri atas orang            pulpen, pensil, dan buku besar (ledger) untuk membuka entri. Buku besar          menggambarkan recod dari operasi perusahaan.

            -Mesin keydriven, penemuan mesin ini seperti cas register, mesin ketik dan            kalkulator meja meringankan tugas pengurusan data yang besar.

            - Mesin punched card, dengan cara yang sama sejumlah organisasi yang besar      mencatat transaksi mereka dalam benituk punched card (kartu berlubang) dan   menggunakan mesin puched card pemeliharaan dan pengolahan file yang penting.

            - Computer. Sekarang, semua organisasi yang besar dan sebagian besar organisasi yang    lebih kecil mengandalkan computer untuk melakukan mayoritas pengolahan data mereka.
            Maka dari itu, pengolahan data tidak harus menggunakan komputer karena sebelum           menggunakan komputer, kita telah mengunakan sistem manual, mesin keydriven dan        mesin   punches card. Akan tetapi, pengolahan data dengan komputer akan lebih banyak           keuntungannya dibandingkan pengolahan data sistem manual, mesin keydriven        dan      mesin punches card.
3.      MENGAPA PENGOLAHAN DATA ITU PENTING BAGI PERUSAHAAN ?
            Pengolahan data penting bagi perusahaan karena pengolahan data mempunya tujuan dan   fungsi.  Tujuan Pengolahan Data adalah untuk mengambil data dan menghasilkan   informasi yang berguna bagi user / pengguna.
            Fungsi dasar Pengolahan Data :
1.      Mengambil program dan data (masukan / input)
2.      Menyimpan program dan data serta menyediakan untuk pemrosesan
3.      Menjalankan proses aritmatika dan logika pada data yang disimpan
4.       Menyimpan hasil antara dan hasil akhir pengolahan.
5.       Mencetak atau menampilkan data yang disimpan atau hasil pengolahan.
Dari fungsi dan tujuan dari pengolahan data itu begitu sangat penting  bagi perusahaan. Jadi, pengolahan data itu penting bagi perusahaan agar tujuan yang ingin dicapainya dapat terwujud, diperlukan suatu pengolahan data.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Shared this blog