1. Seberapa
besarkah manfaat CBIS untuk mendukung fungsi
operasional perusahaaan?
Besar
Karena CBIS merupakan sistem pengolahan suatu data menjadi sebuah
informasi yang berkualitas dan dapat
dipergunakan sebagai alat bantu yang mendukung pengambilan keputusan,
koordinasi dan kendali serta visualisasi dan analisis yang menggunakan media komputer. Tujuan dan
mafaat dari CBIS bagi perusahaan :
1.
Memberi kesempatan untuk
meningkatkan komunikasi dan pengambilan keputusan dlm suatu organisasi.
2.
Perancangan harus memberikan
perhatian kepada tingkatan tingkatan manajemen dan kelompok organisasi.
3.
Pusat kekuatan informal dari
suatu organisasi yang dpt mempengaruhi keberhasilan CBIS harus
diidentifikasikan dan dimasukkan dlm perancangan.
4. Harus menjaga manajemen yang dibutuhkan oleh lingkungan dan perubahan yang
mempengaruhi susunan organisasi.
2. Apakah
transfromrasi SI dalam CBIS mutlak harus dilakukan oleh perusahaan ?
Tidak
mutlak harus dilakukan oleh perusahaan. Kita harus melihat sejauh mana
kebutuhan dan kemampuan sebuah perusahaan untuk transformasi SI dalam CBIS.
Perusahaan yang besar memungkinkan dia harus menstarformasi SI ke dalam CBIS
dan kebutuhan akan sebuah informasi begitu besar juga. Transformasi SI dalam CBIS terbagi menjadi 5
tahapan, yaitu :
1.
Fokus awal pada Data (electronic
data processing – EDP)
Didukung dengan munculnya punched
card dan keydriven bookkeeping machines, dan perusahaan umumnya
mengabaikan kebutuhan informasi para manajernya. Aplikasi yang digunakan sistem
informasi akuntasi (SIA).
2.
Fokus baru pada Informasi (management
information sistem – MIS)
Seiring dengan diperkenalkannya generasi baru
alat penghitung yang memungkinkan pemrosesannya lebih banyak. Hal tersebut
dioerientasikan untuk kosep penggunaan komputer sebagai sistem informasi
manajemen (SIM), yang berarti bahwa aplikasi komputer harus diterapkan dengan
tujuan utama untuk menghasilkan informasi manajemen.
3.
Fokus Revisi pada Pengambilan Keputusan (Decision support sistem – DSS)
Merupakan hal yang berbeda dengan
konsep SIM. DSS adalah sistem penghasil informasi yang ditujukan pada suatu
masalah tertentu yang harus dipecahkan serta diambil keputusannya oleh manajer.
4.
Fokus sekarang pada Komunikasi / virtual office (office automation – AO)
OA memudahkan komunikasi dan
meningkatkan produktivitas di antara para manajer dan pekerja kantor melalui
penggunaan alat-alat elektronik. OA telah berkembang meliputiberagam aplikasi
seperti konferensi jarak jauh (teleconference), voice mail, e-mail
(surat elektronik), electronic calendaring, facsimile transmission,
dan desktop publishing. Istilah lainnya dalam menggunakan semua aplikasi
AO tersebut dinamakan dengan kantor virtual (virtual office).
5.
Fokus potensial pada Konsultasi (artificial intelligence/expert sistem – AI/ES)
Ide dasar AI adalah komputer dapat
deprogram untuk melaksanakan sebagian penalaran logis yang sama seperti
manusia. Sistem pakar adalah suatu sistem yang berfungsi sebagaiseorang
spesialis dalam suatu bidang. Sistem yang menggambarkan segala macam sistem
yang menerapkan kecerdasan buatan untuk pemecahan masalah dinamakan dengan
sistem berbasis pengetahuan (knowledge-bases sistems) Penjelasan lebih
lanjut akan dijumpai pada modul terakhir dari materi kuliah SIM.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar