Jumat, 30 November 2012

Model dan tahapan dalam analisa proses bisnis



1.      Jenis-jenis pemodelan dalam menganalisa proses bisnis yaitu:
Ø  UML (Unified Modelling Language)
Ø  DFD (Data Flow Diagram)

UML (Unified Modelling Language)
Ø  UML merupakan seperangkat diagram dan notasi standar untuk memodelkan sistem-sistem berorientasi objek, dan menjelaskan semantik yang mendasarinya mengenai arti dari diagram-diagram dan simbol-simbol ini
Ø  UML dapat digunakan untuk memodelkan berbagai jenis sistem: sistem perangkat lunak, sistem perangkat keras, dan organisasi-organisasi dunia nyata. UML menyediakan sembilan jenis diagram
Ø  Salah satu kegiatan yang harus dilakukan terlebih dahulu dalam memodelkan sebuah sistem berskala besar atau sistem pada tingkat Enterprise adalah memecahkan sistem tersebut kedalam area-area yang memudahkan dalam penanganannya
Ø  Apapun nama dari area-area ini, domain, kategori, atau subsistem, idenya tetap sama: memecahkan sistem tersebut kedalam area-area yang memiliki kesamaan subjektif

Jenis-jenis UML :
Ø  Use Case Diagram untuk memodelkan proses-proses bisnis
Ø  Sequence Diagram untuk memodelkan pengiriman pesan antara objek
Ø  Collaboration Diagram untuk memodelkan interaksi objek
Ø  State Diagram untuk memodelkan perilaku objek dalam sistem
Ø  Activity Diagram untuk memodelkan perilaku Use Case, objek, atau operasi
Ø  Class Diagram untuk memodelkan struktur statis Class dalam sistem
Ø  Object Diagram untuk memodelkan struktur statis Objek dalam sistem
Ø  Component Diagram untuk memodelkan komponen
Ø  Deployment Diagram untuk memodelkan distribusi sistem

DFD (Data Flow Diagram)
Ø  Data Flow Diagram (DFD) adalah representasi grafis sebuah sistem aplikasi berorientasi proses. Komponen-komponen sebuah DFD adalah: proses, aliran data, data store, dan entitas
Komponen DFD :
Ø  Proses
Ø  Aliran Data
Ø  Penyimpanan Data
Ø  Entitas
Proses :
Ø  Proses menggambarkan bagian dari sistem yang mentransformasikan input menjadi output
Ø  Proses ini direpresentasikan secara grafis sebagai sebuah lingkaran

Aliran Data :
Ø  Aliran data direpresentasikan secara grafis oleh sebuah anak panah kedalam atau keluar dari sebuah proses

Penyimpanan data :
Ø  Data Store digunakan untuk memodelkan tempat penyimpanan sekumpulan paket data

Entitas :
Ø  Entitas direpresentasikan secara grafis sebagai sebuah kotak
Ø  Entitas merepresentasikan entitas luar yang berkomunikasi dengan sistem





2.      Hal-hal yang perlu dilakukan dalam menganalisis proses bisnis :
Ø  Tahap 1 – Persiapan
Kegunaan tahap ini adalah untuk memobilisasi dan mengorganisir SDM yang akan melakukan Reengineering
o   Apa yang menjadi tujuan dan harapan eksekutif? Apa komitmen level mereka pada kegiatan ini?
o   Apa yang menjadi tujuan dari kegiatan ini?
o   Siapa yang seharusnya ada dalam tim? Kemampuan gabungan apa yang harus ada dalam tim?
Ø  Tahap 2 – Identifikasi
Kegunaan dari tahap ini adalah untuk mengembangkan dan memahami model proses dari bisnis
o   Apa yang menjadi bisnis proses utama organisasi?
o   Bagaimana proses-proses tersebut berinteraksi dengan pelanggan dan pensuplai?
o   Apa yang menjadi strategi kita? Apa nilai tambah proses kita?
o   Apa yang seharusnya kita re-Engineer dalam waktu 90 hari, 1 tahun, atau 2 tahun?
Ø  Tahap 3 – Penyusunan Visi
Kegunaan dari tahap ini adalah untuk membangun visi dan tujuan dari kinerja yang dihasilkan
o   Bagaimana sumber daya, informasi, dan alur kerja melalui proses-proses dalam organisasi?
o   Mengapa kita melaksanakan cara yang kita lakukan saat ini?
o   Apa kunci kekuatan dan kelemahan dari proses yang akan di re-Engineer?
o   Bagaimana perusahaan lainnya menangani kompleksitas prosesnya?
o   Apa ukuran yang seharusnya kita gunakan untuk melakukan komparasi kinerja terbaik kita di perusahaan?
Ø  Tahap 4A – Desain Teknis
Kegunaan dari tahap ini adalah untuk menghasilkan sebuah rancangan proses yang mampu mengakselerasikan pencapaian Visi dari perusahaan
o   Sumber daya teknis dan teknologi apa yang kita perlukan pada tahap proses re-Engineering?
o   Bagaimana sumber daya dan teknologi tersebut dapat diupayakan?
o   Informasi apa yang digunakan pada saat dilakukan re-Engineering?
o   Bagaimana elemen teknis dan sosial berinteraksi?
Ø  Tahap 4B – Desain Sosial
Ø  Kegunaan dari tahap ini adalah menspesifikasikan dimensi sosial dari proses yang baru
o   Teknik dan sumber daya manusia seperti apa yang perlu di re-Engineer? Aktivitas apa yang menjadi tanggungjawab tim reengineering?
o   Apa target dan ukuran yang harus dibuat?
o   Program pelatihan apa yang diperlukan?
Ø  Tahap 5 – Transformasi
Kegunaan dari tahap ini untuk mengimplementasikan desain proses yang dihasilkan di Tahap 4 (4A dan 4B)
o   Kapan kita memonitor proses? Bagaimana kita mengetahui apakah kita dalam track/jalur atau tidak?
o   Mekanisme apa yang harus kita kembangkan untuk menyelesaikan permasalahan yang saat ini belum terpikirkan?
o   Bagaimana kita melanjutkan momentum dari perubahan yang terjadi?
o   Teknik apa yang harus kita gunakan untuk menyempurnakan organisasi?




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Shared this blog